Banyak orang bertanya apa saja yang harus dilakukan atau bagaimana mengatur VPS menggunakan SSH, banyak artikel di Google yang membahas tentang cara login ke VPS menggunakan SSH, namun disini saya akan berbagi pengalaman tentang Cara Login SSH menggunakan Putty jika para sahabat sekalian menggunakan PC Windows, karena Putty adalah Client Remote Server untuk VPS berbasis Linux tapi sobat menggunakan PC windows. Contohnya, sobat mau setting VPS Linux melalui PC / Komputer yang menggunakan Windows. Putty adalah implementasi bebas dari Telnet dan SSH untuk platform Windows dan Unix, bersama dengan xterm terminal emulator.

  1. Download Putty

Untuk Mendownload silahkan sobat kunjungi / klik link dibawah :

* pilih salah satu link diatas untuk mendownload, sesuaikan dengan jenis windows anda.

  1. Install Putty

Setelah proses download selesai, silahkan sobat install Putty dengan cara klik 2x file download, ketika muncul jendela install pilih RUN.

  1. Konfigurasi

Pada tampilan opsi basic Putty saat pertama kali dibuka ada dua kolom yang perlu diisi yaitu Host Name (IP Address) dan isian untuk Port.

Isi Host Name : dengan alamat IP VPS anda dan Port: 22 klik Open.

Contoh:

Host Name: 192.168.0.1

Port: 22

Klik Save ketika anda login di Putty, anda tidak lagi menginput data anda.

Jika ada peringatan / Putty Security Alert saat sobat pertama kali mengakses server via SHH, Pilih Yes untuk menyimpan SSH key.

 

  1. Cara Login Remote Server

Ketika anda mengklik Open pada konfigurasi Putty, anda akan di hadapkan dengan sebuah kotak hitam dengan text “ Login as “.

  • Ketik “ root “ kemudian tekan Enter
  • Selanjutnya masukkan Passwordnya ( password dapat anda lihat pada pengaturan VPS tempat anda membeli VPS ) dan tekan Enter.

*password yang anda masukkan tidak akan terlihat di jendela hitam putty, maka dari itu harap masukkan dengan benar dan teliti.

 

Catatan:

Anda dapat melakukan copy paste password, untuk mempaste password di Putty, cukup dengan cara klik kanan dan tekan enter.

Cara Login dan Menggunakan Putty Untuk VPS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *